Cara Merawat Anggrek Agar Rutin Berbunga

Cara Merawat Anggrek Agar Rutin Berbunga - Merawat anggrek mungkin menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian besar orang di Indonesia, apalagi bila anggrek yang dirawat rutin berbunga. Perawatan yang tepat dan maksimal akan merangsang anggrek untuk berbunga secara rutin dengan kualitas bunga yang baik. Sebagai tanaman hias tipe bunga, tentu saja bunga merupakan bagian penting dari tanaman anggrek karena tanpa bunga, anggrek akan kehilangan pesona keindahannya.


Cara Merawat Anggrek Agar Rutin Berbunga

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi anggrek dalam berbunga, semua saling berkaitan satu sama lainnya. Jenis anggrek akan mempengaruhi apakah akan anggrek akan sering berbunga atau tidak. Ada beberapa jenis anggrek yang memang sering berbunga bahkan tanpa perawatan khusus, namun ada beberapa jenis anggrek yang memang jarang berbunga meski perawatan sudah dilakukan secara maksimal. Kemudian, lokasi di mana anggrek itu ditanam pun juga berpengaruh karena setiap lokasi memiliki suhu dan iklim yang berbeda-beda. Tidak sampai di situ, tempat di mana anggrek itu diletakkan pun ikut berpengaruh, hal ini berkaitan dengan intensitas cahaya yang diterima oleh tanaman anggrek. Setiap jenis anggrek memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap sinar matahari, kelebihan atau pun kekurangan sinar matahari bisa mempengaruhi siklus berbunga anggrek.

Terlepas dari hal-hal di atas, perawatan tetap menjadi bagian penting agar anggrek rutin berbunga. Biasanya, para pemilik anggrek yang masih awam hanya melakukan penyiram saja itu pun cenderung asal-asalan dengan prinsip yang penting sudah basah. Padahal tanaman anggrek membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan tanaman-tanaman hias lainnya dan sangat menuntut ketelatenan pemiliknya. Jadi, jangan memiliki anggrek bila tidak siap untuk merawatnya.

Berikut ini beberapa langkah-langkah merawat anggrek agar rutin berbunga :

1. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari dengan menggunakan air yang bebas dari zat-zat kimia yang tidak dibutuhkan oleh tanaman anggrek. Sebaiknya gunakan air sumur, hindari penggunaan air pam dan air limbah. Beberapa orang di Indonesia sering menyirami tanaman hias milik mereka dengan air selokan atau air got, mereka beralasan untuk menghemat air. Penggunaan air  limbah tersebut bisa mengganggu siklus berbunga anggrek bahkan bisa menyebabkan tanaman anggrek layu dan kemudian mati.  Penyiraman perlu diperhatikan betul karena tanaman anggrek membutuhkan air yang cukup agar bisa tumbuh dan berbunga.

Cara Merawat Anggrek Agar Rutin Berbunga2. Lakukan pemupukan agar anggrek mendapatkan nutri yang cukup untuk berbunga. Ada banyak sekali jenis dan merek pupul yang bisa digunakan, sehingga bagi para masyarakat awam sebaiknya langsung menanyakan jenis pupuk yang akan digunakan kepada penjual. Setiap toko pertanian mungkin menyarankan pupuk yang berbeda-beda, pemilik anggrek  bisa menanyakan dosis dan cara penggunaan pada saat pembelian. Perlu diingat, pemberian pupuk yang berlebihan bisa menyebabkan anggrek mati dan pemberian pupuk yang terlalu sedikit menyebabkan anggrek kekurangan nutrisi sehingga tidak mau berbunga. Selain pemberian pupuk, beberapa website pertanian juga menyarankan agar tanaman anggrek disirami dengan menggunakan air kelapa yang dicampur dengan air setidaknnya sebulan sekali, perbandingan yang bisa digunakan adalah 180 ml air kelapa dicampur dengan 1 liter air.


Cara Merawat Anggrek Agar Rutin Berbunga

3. Perhatikan intensitas cahaya matahari yang diterima oleh tanaman anggrek. Letakkan tanaman anggrek di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.
Cara Merawat Anggrek Agar Rutin Berbunga

Langkah-langkah di atas merupakan langkah perawatan yang sangat sederhana sekali agar anggrek rutin berbunga. Langkah-langkah tersebut sangat cocok diterapkan oleh para pemilik anggrek pemula yang tidak memiliki dasar ilmu pertanian atau hanya sekedar hobi untuk mengisi waktu luang. Bila langkah-langkah di atas dirasa belum cukup, silahkan untuk membeli berbagai buku panduan menanam anggrek yang banyak dijual di toko buku. Pada intinya, pasti ada kepuasan saat anggrek yang sobat SBlogger miliki berbunga setelah dirawat dengan telaten.   

0 Response to "Cara Merawat Anggrek Agar Rutin Berbunga"

Post a Comment