Tips Mudah Cara Menghitung PK AC Sesuai Ruangan

Tips Mudah Cara Menentukan PK AC Sesuai Ruangan. Salah satu faktor yang tak jarang menjadi pertanyaan saat memutuskan bakal memasang ac (air conditioner) yaitu bagaimana agar PK AC pas dan sesuai dengan ruangan kita? Faktor ini butuh mendapat perhatian sebab hubungannya nanti dengan urusan besaran pemakaian listrik yang ujung-ujungnya berkaitan juga dengan tagihan listrik bulanan yang harus dibayar, heuheu..



Unit ac yang terlalu besar pk-nya dibanding dengan luas ruangan bakal mengakibatkan pemakaian listrik yang lebih boros, begitu juga dengan unit ac yang pk-nya terlalu kecil. Unit ac yang pk-nya terlalu kecil dibanding luas ruangan bakal memperlukan waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan, semakin lama bekerja juga akan memerlukan daya listrik yang semakin banyak juga.

Ruangan alias rumah yang sejuk terbukti dapat memunculkan kenyamanan penghuni yang tinggal di dalamnya, berbagai cara dilakukan untuk memperoleh udara didalam rumah yang segar dan sejuk, dari mendesain langit-langit rumah yang tinggi, hingga memasang air conditioner (ac).

Nah untuk membahas pendingin udara elektronik ini lebih jauh, tak dapat sembarangan dalam membeli serta memasangnya, sebab dapat berakibat ruangan yang kemudian masih terasa panas ataupun malah membuat ruangan menjadi terlalu dingin. Ada perhitungan khusus untuk merencanakan pemakaian AC yang pas. Oleh sebab itu disini bakal coba saya ulas mengenai bagaimana menghitung kebutuhan AC yang sesuai dengan ukuran ruangan supaya mendapatkan hasil dingin yang pas.


Ada 3 hal yang butuh diperhatikan pada saat menentukan kebutuhan PK AC, yakni daya pendinginan AC (BTU/hr – British Thermal Unit per hour), daya listrik (watt), serta PK compressor AC. Sebagian dari orang mungkin lebih mengetahui angka PK (Paard Kracht/Daya Kuda atau Horse Power (HP) pada AC. Sebetulnya PK itu merupakan satuan daya pada compressor AC bukan daya pendingin AC. Tetapi PK lebih dikenal ketimbang BTU per hour. Lalu bagaimana tutorial menghitung serta menyesuaikan daya pendingin air conditioner dengan ruangan sobat SBlogger? Untuk menyiasatinya, konversi dulu PK – BTU/h (hour) – luas ruangan (m2).

tips cara menghitung pk ac ruangan

Cara Hitung:

(Panjang x Lebar x Tinggi)/3 x 500

Contoh Perhitungannya:

Ruangan dengan panjang 5 m, lebar 3 m serta tinggi 3 m. Jadi hasil perkaliannya menjadi [5 x 3 x 3] / 3 x 500 = 7500. Jadi seusai dicocokkan dengan rumus diatas, angka tersebut berada diantara 7000 serta 9000, sehingga bisa dipakai AC dengan ¾ PK ataupun 1 PK.


Sebagai saran, sebaiknya dipakai AC berkapasitas 1 PK supaya kerja AC tak terlalu berat, sebab bila yang dipakai AC ¾ PK, berarti AC wajib bekerja lebih berat supaya bisa menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Demikian semoga Tips Mudah Cara Menghitung PK AC Sesuai Ruangan dapat bermanfaat bagi sobat SBlogger semua.

1 Response to "Tips Mudah Cara Menghitung PK AC Sesuai Ruangan"